Sekilas Tentang Olimpiade Sains



Banyak siswa berangan-angan bisa menjadi juara olimpiade sains. Bahkan orangtua dan guru pun sangat menginginkan anak atau muridnya menjadi juara olimpiade sains. Sayangnya, informasi ataupun bacaan mengenai olimpiade sains yang menyajikan contoh-contoh soal olimpiade sangatlah terbatas. Bahkan hal-hal yang perlu dilakukan agar sukses menjadi juara olimpiade sains sulit dijumpai. Buku ini berusaha menghadirkan selukbeluk olimpiade sains sebagai acuan bagi siswa, guru, sekolah, orangtua, dan masyarakat luas secara lengkap dan sistematis. 
Bila dilihat dari sejarahnya olimpiade sains yang ada di Indonesia dikarenan adanya event yang sama tapi bertaraf internasional yang di adakan di Bali pada tahun 2002. Indonesia dibilang sukses dalam mengadakan event ini dikarenan mampu mengundang 74 negara dan juga memenangi 3 medali emas dan 2 medali perak. Dan setelah itu event Olimpiade Sains Skala nasional dilangsungkan pada setiap tahun yang bertujuan untuk pembinaan yang bersekinambungan untuk siswa yang berprestasi di berbagai bidang selain dari meningkatkan mutu pembelajaran siswa dan menyediakan kesempatan untuk para siswa - siswa yang berprestasi.
Bagi siswa yang mampu mendapatkan medali dalam Olimpiade Sains taraf nasional atau taraf internasional mendapakan keuntungan yang bisa meningkatkan kualitas didalam dirinya seperti kemudahan masuk sekolah, mendapatkan beasiswa, mendapatkan pengajar yang handal.

Dan event Olimpiade sains berskala internasional
1. International Olympiad on Astronomy and Astrophysic (IOOA)
2. International Biology Olympiad, (IBO)
3. International Physics Olympiad (IPHO)
4. International Earth Science Olympiad (IESO)
5. International Chemistry Olympiad (ICHO)
6. International Olympiad in Informatics (IOI)
7. International Mathematical Olympia (IMO)

Kita patut berbangga karena para finalis dari Indonesia mampu memenangkan berbagai medali dari emas sampai perunggu dari hampir semua Olimpide Sains yang bertaraf Internasional diadakan. Dibawah ini beberapa photo - photo dari pemenang 




Blog Ini Didukung Oleh :

0 comments:

Post a Comment