Roberto Mancini Diberhentikan Dari Manchester City

 
Kekalahan mengejutkan dari Wigan pada final Piala FA Sabtu lalu membuat City mengakhiri musim ini tanpa satu piala pun dan memperkuat rumor bahwa Mancini, yang menggantikan Mark Hughes pada 2009, akan segera dipecat. Pemilik klub yang berdiam di Abu Dhabi menegaskan berakhirnya karir manajer asal Italia itu di Eastland setelah tiga setengah tahun dan menyatakan: "Dengan sangat menyesal Manchester City Football Club mengumumkan bahwa Roberto Mancini telah dibebaskan dari segala tugasnya sebagai manajer Manchester City.

"Ini telah menjadi keputusan yang sulit bagi pemilik, ketua dan dewan, serta merupakan hasil dari proses review akhir musim yang dijalankan karena munculnya spekulasi akhir-akhir ini dan karena rasa hormat kami terhadap Roberto serta kontribusinya bagi klub. "Meski semua telah melakukan yang terbaik, klub gagal mencapai satu pun dari target-target yang telah ditetapkan tahun ini, kecuali lolos ke Liga Champions UEFA musim depan."

"Hal ini, ditambah kebutuhan untuk mengembangkan pendekatan holistik pada seluruh aspek sepak bola di klub, menyebabkan diambilnya keputusan untuk mencari manajer baru untuk musim 2013-14 dan seterusnya."  Keberhasilan City untuk lolos ke kualifikasi Liga Champions ditutupi oleh buruknya penampilan mereka di liga sehingga, walau menempati peringkat kedua, poin mereka terpaut jauh dari - 13 poin - dari sang juara Manchester United.

Pada era Mancini, klub tersebut merebut trofi besar pertama dalam 35 tahun dengan mengangkat Piala FA 2011, sementara gelar Liga Primer Inggris musim lalu adalah yang kedua sejak 1968 sehingga Mancini diberi perpanjangan lima tahun kontrak. Akan tetapi pemilik klub Sheikh Mansour sepertinya merasa itu tidak cukup, apalagi setelah menanam modal yang sangat besar. City dikabarkan menghabiskan £200 juta (Rp 3,02 triliun) per musim untuk menggaji pemain, tertinggi di Liga Primer.

Kabar di Spanyol dan Inggris menyatakan bahwa Manuel Pelligrini, pelatih Malaga, siap menggantikan Mancini meskipun pelatih asal Chile itu, Senin, membantah telah menandatangani kontrak. Brian Kidd, asisten Mancini, akan mengambil alih untuk dua pertandingan tersisa di musim ini, dimulai saat tandang ke Reading pada Selasa (14/5).

Pemecatan Mancini terjadi saat United tengah merayakan gelar Liga Primer terakhir bersama manajer veteran Sir Alex Ferguson yang berkuasa di Old Trafford sejak 26 tahun lalu. Pelatih berusia 71 tahun asal Skotlandia itu - tidak seperti Mancini atau banyak manajer lainnya - pensiun pada waktu yang dipilihnya sendiri.


Blog Ini Didukung Oleh :


0 comments:

Post a Comment